Menolak panggilan Interview Mataram group dan RC Corp

Berhubung masih dalam proses PENCARIAN PEKERJAAN, nah kali ini gue mau bagi pengalaman gue soal mencari pekerjaan. Dua hari lalu atau tiga hari lalu gue mendapat telepon dari 021-319***** suaar perempuan, menanyakan identitas gue, dan dia bilang gue dipanggil untuk ikut interview, nah gue agak-agak lupa tuh perusahaan apa yah yang gue kirim CV gue, secara ngirimnya lewat jobstreet secara membabi buta, setelah si penelpon menjelaskan, gue baru ngeh ternyata gue pernah ngelamar di RC CORP, waktu itu lowongannya tentang Management trainee, secara gue anak baru dalam dunia pencarian kerja gue main asal ngeaaply aja, telpon ditutup dan gue mulai searching-lah tentang perusahaan ini. Oh iya, gue diundang tanggal 28 Agustus 2015, jam 14.30 WIB, di lt 3 gedung apa gitu gue lupa lokasinya di Pondok Indah. Searching di internet berbuahkan hasil beberapa artikel menyebutkan, RC CORP itu akan menjadikan para pelamarnya sebagai sales, oh man... gue kuliah susah-susah masa jadi sales sih, bukannya gue mau menghina profesi itu, tapi perusahaan itu berkedok trainning padahal pekerjanya disuruh mencari sumbangan lah (ini berdasarkan thread kaskus, dan hasil pencarian di internet) ini linknya: http://archive.kaskus.co.id/thread/8571356/0, http://andriblogsduniaku.blogspot.com/2014/02/hati-hati-penipuan-perusahaandalam.html. Setelah baca itu, gue bersyukur gue belum kesan, rugi-rugiin aja. okay selanjutnya, gue dapat email lagi tadi pagi dari MATARAM GROUP yang berkantor plasa UOB, intinya gue dipanggil untuk interview tanggal 2 September, lagi-lagi tidak jauh berbeda perusahaan ini juga bekerja sama or whateverlah gitu dengan WWF, UNICEF bukan kerjasama sih, katanya bawa-bawa nama besar organisasi itu untuk minta-minta sumbangan, yakaliiii…ini gue baca di thread kaskus lagi http://www.kaskus.co.id/thread/54d04483108b469a738b456c/ask-mataram-group/1 kalian boleh baca dan menilai sendiri, walaupun gue belum mencoba secara langsung, namun membaca pengalamn agan-agan lain bikin gue mengurungkan niat untuk datang ke interview tersebut, jadinya proses pencarian kerja masih berlanjut, semoga aja nggak menganggur lebih lama lagi…..

85 pemikiran pada “Menolak panggilan Interview Mataram group dan RC Corp

  1. sama lah ceritanya asal apply, tadi siang dapat panggilannya malah perusahaan gak jelas gitu 😦
    ditelpon si aku iseng nanya job descriptionnya apa dia bilang awalnya penjualan. dalam hati jgn2 ini sales huhuhuu

    Suka

  2. Hai kezia. Kita sama nih, aku juga dulu kirim lamaran membabi buta hahaha. Fyi aku binusian program international business and management.
    Aku pernah kerja di part of rc corp. is that okay kalo aku share di sini?

    Suka

      • At that time aku juga apply banyak banget loker di jobstreet. I guess all fresh graduates would do the same. Walaupun bukan RC corp tapi Mataram group. Sama sama dari appco direct. Fyi appco itu intinya kaya mlm tapi kita ga perlu bayar buat bisa jadi bagian dari perusahaan. Thats the good point.
        Jadi appco punya banyak anak perusahaan di berbagai negara. What i really attracted ada subsidiary (anak perusahaan) di korea. Wow somehow i can possibly meet korean in any chance.
        Terus di indonesia ada beberapa lokasi appco yang kutau, jakarta dan bali. Di jakarta ada 3 uob plaza, kemang, pondok indah. Fyi temen2 yang di RC corp itu branch manager / owner nya itu bu rendita or raendita(not sure) c nya gatau deh(*ga tertarik juga udh bersuami hahaha). Nah suaminya bu raendita itu juga sama di appco juga jadi branch manager di uob bagian residence yang door to door. Jadi kalo ada yang kerjanya kalo apply di appco door to door berarti sama pak uttara namanya program unicef juga. Seru banget sih kalo udh kenal mah. Mereka semua friendly. Maklum orang marketing semua isinya jadi ya diharuskan memiliki sikap profesional. Itu manisnya dari sini hahaha. Pahitnya juga ada. Namanya kerja ada enak ada ngganya.

        Suka

      • Setuju mike… kerjaan mmg ada enak gak ada. Tahun lalu aku newbie banget dan dari daerah banget baru 2 bulan di jakarta baca hal yang ga enak ttg perusahaan itu bikin jadi takut. Tapi ya… ada baik buruknya yah. Terimakasih sdh sharing 😊😊😊

        Suka

    • Kasarnya itu kaya jadi spg spb gitu jaga stand. Bedanya diajarin caranya. Ada sistem buat approach customer. Sistem approach customer itu tahap awal. Tahap selanjutnya sistem self control gitu. Cara memotivasi diri sendiri. Trus cara memotivasi org lain. Dan seterusnya.
      Kalo aplikasi realnya bener2 kerja cari customer di stand2 gitu

      Suka

    • Ga bisa. Semua prosesnya dari awal. Mau kamu seorang profesor juga. Itu udah sistemnya. Tapi untuk jadi leader gampang kok. 1 minggu juga paling udh jd leader. Di leader ini kamu juga tetep ke lapangan cari donasi. Bedanya di level ini kamu diajarin buat ngelead kerjaan. Kan setiap turun ke lapangan selalu minimal dalam tim 2 orang atau lebih. Di situ harus ada leadernya. Nah kadang di level leader kita dikasih kesempatan buat leading. BAgus koksistemnya kalo kamu pengen belajar public speaking. Ga direkomen sih kalo kamu bener2 salary seeker. Tapi kalo bener2 mau belajar public speaking ini tempat yg tepat skali

      Suka

  3. Gw udah tertipu 2 kali. Sebulan lalu appco, hari ini rc corp. Brengsek emang. Gw ga tau asal apply aja. Apa aja sih perush antek2nya ini? Bingungnya, giliran perusahaan bener, kita dipsnggilnya lsma, giliran perusahaan brengsek ini, baru sehari apply lngsung dipsnggil besoknya.

    Suka

  4. Saya baru dapat panggilan juga nih di mataram group, itu bener seperti sales gitu ya?

    Masalahnya, saya ga pernah apply diperusahaan ini dari beberapa tahun lalu,,ya kali tiba tiba ada panggilan? Hahaha

    Suka

  5. Selamat sore, saya tidak setuju kalau kalian bilang RC Corp itu penipuan, karna mereka tidak memungut biaya apapun, kalau kalian bilang jadi sales, ya memang, bukan minta sumbangan yang sembarangan seperti di pinggir jalan, tapi benar2 jelas dan terprogram secara real tanpa penipuan, RC Corp itu membantu perusahaan2 yg di bawahin mereka biar Up kembali dalam income dan lainnya, bagi yang ingin punya pengalaman biar bisa pandai dalam hal marketing, silahkan coba disini, kalau kalian pintar jenjang career di RC Corp cepat. Asalkan kalian rajin. Mungkin sama halnya seperti kalian jadi spg rokok, tpi di RC Corp semua perusahaannya lebih baik dari itu.

    Suka

  6. Waahh beruntung sekali ada informasi di blog ini..tadi siang aku di tlp untuk datang besok interview di RC bagian brand ambassador jam 2 siang…aku jadi berpikir ulang untuk datang.. Thanks buat info nya yaah

    Suka

  7. wow…barusan banget nih gue dapet telp dr mataram group..pas sholat..balik sholat ngecek hp udh ada panggilan. gw call back mataram group..gue baru nemu blog ini..jujur gw butuh duit. mnrt kalian yg pernah bekerja disana bgmna tntg sallary nya…???
    share yahh makasii

    Suka

  8. Ini udh yg interview kedua mbak kezia aku disuruh dtg kesana. Seriously akan jadi sales? Pantes hrd nya oke2 aja aku apply untuk jadi management traine kan tapi aku dari performing art kan bertolak belakang bgt ya sama management tapi org hrd oke2 aja. Hm ternyata eh ternyta begitu toh. Terimakasih infonya mbak kezia

    Suka

  9. Seriusan mba? Wah gue baru aja dpt telpon yang sepertinya dr RC Corp. karna gue td agak gak jelas dengernya. Pas searching google nemu Nomor telpon yg sama kayak barusan nelpon gue, yaitu RC Corp. Thanks mba infonya.

    Suka

  10. Hallo Kezia and Michael, thanks infonya. Asli gue hari ini ada second interview di RC Corp sebenernya si lagi search google buat bahan pembicaraan ttg rc corp biar ga bego-bego amat kalo ditanya eh nemu cerita dikaskus dan blog blog perusahaan “bertandakutip” gitu ya… Gue apply sih jd MT dari jobstreet tp setelah tau kyk gitu kayaknya batal ajalah gue berangkat nya. Lol! By the way, ada yg tau appco di blacklist? Td sempet baca salah satu komen dikaskus sih. Masalahnya gue sempet apply juga di Appco untuk admin krn kebetulan kerjaan gue sblm nya di administrasi. Mohon sharing2 infonya yah.. Thank you:)

    Suka

  11. hai semuanya, minta pendapat dong. td jam setengah 5 aku di telfon rc corp untuk interview besok di pondok indah jam 1. sebenernya salahnya aku juga sih main apply2 aja di job street. aku bingung nih dateng apa engga setelah liat review di sini dan di kaskus. anehnya juga, masa baru kemarin apply sekarang udah dapet telfon. emg rc grup segitu butuh orang ya? itu malah buat aku jadi ragu. kira2 besok dateng nggak ya?

    Suka

  12. BAru aja ditelepon dari mas2 RC Corp namanya Faras (kalo ga salah spelling ya). Baru apply dua hari lalu lewat jobstreet langsung diundang interview. Saya jg apply secara membabi buta gitu sih maklum kelamaan nganggur jg haha. Tapi pas tau kalo ini bergerak di bidang sales & marketing rasanya saya kurang tertarik. Udah pernah ngerasain jadi sales dan ga minat untuk terjun ke dunia sales & marketing lagi sih soalnya 😦

    Suka

  13. Wah, saya juga ada panggilan interview ni besok di Pondok Indah. Setelah baca sharing dari teman2 semua jadi mikir2 lagi bakal datang kesana. Haha
    Salam kenal semua, khususnya pemilik blog 🙂

    Suka

  14. Wah…. Ngeri juga ini sya kemarin dapet panggilan di Mataram Group.. Jam 9 pgi sya harus dateng tpi sya dateng jam 9.30 bru dtng smpe sono sya langsung ingsi formulir trus inteview… Trus jm 15.30 sya di telpon lgi untuk panggilan ke 2..ktnya hari ini jam 9-15.untuk inteview nya… Kira” datang Jngn ya… Mks informasinya… Slm kenal

    Suka

  15. Halo sedikit review. Sekedar mengupdate review di 2018 ini.

    Pagi hari tadi saya baru selesai intvw tahap 1 disana, di salah satu perusahaan grup mereka. Mereka menyampaikan memanggil saya karena tertarik dengan background komunikasi, bisnis, dan enterpreneur saya.

    Saya pun mengapply kerja karena keinginan keluarga yg ingin saya tetap mempunyai penghasilan tetap.

    Sehari sebelumnya saya sudah research seharian penuh ttg perusahaan dan grup2nya. Memang anehnya tidak saya temukan satupun Produk atau dagangan mengenai perusahaan ini dan grup2nya.

    Tapi setelah saya datang saya baru paham, di sesi interview dan pengarahan yg kurang lebih 3 jam itu, saya baru tau, bahwa bisa dibilang perusahaan Appco Group ini adalah perusahaan yang menjual JASA PENJUALAN, atau Selling Services.

    Maksudnya adalah : Misalkan nih, kalian produksi mobil, dan kalian kerja sama dengan mereka sebagai client. Nah perusahaan ini adalah semacam Agency atau Marketing Office yang bertugas untuk mendagangkan Mobil kalian itu. Jadi saya setuju kalau group2 ini BUKANLAH penipuan.

    Hanya saja buat beberapa orang yang masih awam, akan cenderung berpikir negatif dengan sistem yg mereka memiliki, karena bisa dibilang Ada Keringat = Ada Uang.

    Tapi pada dasarnya kata mereka, berada di posisi itu tidak akan lama kok, paling banter 2-4 minggu atau 1-2 bulan maksimal. Karena kandidat akan diberikan target untuk bisa naik, ketika bekerja bagus maka termin waktu diatas sangat bisa dipangkas.
    Karena mereka memberikan kesempatan untuk mencari experience dan knowledge yang sangat bagus kalau menurut saya, terutama dr segi selling dan marketing.

    Dan menurut padangan saya dr segi bisnis, Tipe perusahaanya adalah perusahaan PROGRESIF, yang dalam arti kalau kerja itu ngebut, ga banyak birokrasi ini itu, ga banyak cincong nunggu acc pak ini pak itu, kira2 begitu lah kalau dr kacamata saya.

    Saya rasa yang akan cocok disini adalah tipe2 orang yang kerjanya ngotot, idealis, ga suka banyak diem, karena lingkungan kerjanya kreatif, tapi ya harus siap dengan pressure dan resiko ‘No Target AChieve = No Money’.

    Dan dari pengalaman saya berbisnis, meamng sistem seperti ini SAH-SAH aja ya. Jadi mungkin yang bilang penipuan itu rata2 memang yang ga paham.
    Harus anda sadari bahwa kemampuan perusahaan beda2, dan mereka pasti menyampaikan semuanya di awal. Kalo anda oke dan qualified, ya masuk. Tapi kalau ada ga suka, ya silahkan cancel ga masalah. Ga ada ruginya juga.

    Tapi Mungkin sistem spt ini akan ga cocok dengan tipe orang2 yang mencari “Zona Aman” bagi mereka, yang dimana tiap bulan dapat fixed income, kerja nunggu disuruh, mau perusahaan bangkrut apa ngga dia bakal tetap digaji, dan yang ingin kerja tenang dan ga hectic.

    Tapi kl dr pendapat saya, sesuatu yang High Risk = High Return. Gitu aja sih mungkin kesan pesan saya td, saya yakin dr kalimat diatas kalian sudah bisa menyimpulkan sendiri.

    Overall, saya menulis ini karena atas dasar insiatif pribadi ya. Karena saya jd karyawan juga belum, jadi siapa2 juga belum. Hanya ingin membantu aja rekan2 diluar sana yang mungkin sedang bimbang atau kemakan isu negatif yang bisa menciutkan semangat juangnya.

    Dan ingat, ini kalian ditawarkan KESEMPATAN loh ya, bukan di tawarin untuk Diculik atau untuk Dirampok. Setau saya juga tidak ada yang ditahan aset dan data2 pribadi oleh mereka.

    So, coba pikir lagi. Lebih baik kalian leha-leha dirumah bangun siang sambil nunggu wangsit dan wejangan? Atau lebih baik kejar dan kerjakan kesempatan yang mungkin datang duluan dan bisa dijadikan dasar pengalaman?

    Cheerios guys !

    Suka

  16. halo min.. aku jg apply di posisi career development btw itu sama aja nanti posisiny?? jd sperti marketing gt?? btw aku ada panggilan bsk.. mohon infonyaaa

    Suka

  17. Memang perusahaan tsb spt agent untuk para sales. Dimana nanti kita akan dijadikan sales bagi vendor2 mereka. Mereka jg akan menjanjikan jenjang karir yg sgt baik. Tapi hati2 karena nanti anda tdk akan diberikan gaji tetap bulanan, uang ongkos&makan. gaji hanya akan anda terima jk anda berhasil menjual barang dr vendor mereka.

    Suka

  18. Gila article 4 tahun yg lalu dan gue baru dapet undangan interview nya. Thx ya informasi nya. Jadi basa basi nolaknya dan salam semua yg masih jobseeker. Semoga pencarian nya jd awal mula harapan 👍

    Suka

Tinggalkan komentar